Judul : Ringkasan Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (RLPPD) Kabupaten Minahasa Selatan Tahun 2023
link : Ringkasan Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (RLPPD) Kabupaten Minahasa Selatan Tahun 2023
Ringkasan Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (RLPPD) Kabupaten Minahasa Selatan Tahun 2023
Minsel, Elnusanews.com-Sesuai amanat Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, Peraturan Pemerintah Nomor 13 Tahun 2019 tentang Laporan dan Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah serta Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 18 Tahun 2020 tentang Peraturan Pelaksanaan Peraturan Pemerintah Nomor 13 Tahun 2019 tentang Laporan dan Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah, bahwa Pemerintah Daerah menyampaikan RLPPD kepada masyarakat yang memuat capaian kinerja
penyelenggaraan pemerintahan daerah selama 1 (satu) tahun anggaran.
R-LPPD KABUPATEN MINAHASA SELATAN TAHUN 2023
A. CAPAIAN KINERJA MAKRO
No |
Indikator Kinerja Makro |
Capaian Kinerja Tahun N-1 |
Capaian Kinerja Tahun N |
Perubahan (%) |
1 |
Indeks Pembangunan Manusia |
73,66 |
72.89 |
1.06 |
2 |
Angka Kemiskinan |
8,89 |
9,00 |
-1.22 |
3 |
Angka Pengangguran |
4,98 |
5,77 |
-13,69 |
4 |
Pertumbuhan Ekonomi |
5,54 |
5,41 |
2,40 |
5 |
Pendapatan Per kapita |
48,08 |
43,56 |
10,38 |
6 |
Ketimpangan Pendapatan (Gini Ratio) |
0,350 |
0,382 |
-8,38 |
Sumber : Buku Minsel Dalam Angka 2023.- Bapelitbang Minahasa Selatan.
B. RINGKASAN CAPAIAN KINERJA URUSAN PELAYANAN DASAR
NO |
URUSAN PEMERINTAHAN |
NO |
IKK HASIL / OUTCOME |
CAPAIAN KINERJA |
KETERANGAN |
1 |
PENDIDIKAN |
1.a.1 |
Tingkat partisipasi warga negara usia 5-6 tahun yang berpartisipasi dalam PAUD |
97.00 |
|
|
|
1.a.2 |
Tingkat partisipasi warga negara usia 7-12 tahun yang berpartisipasi dalam pendidikan dasar |
99.44 |
|
|
|
1.a.3 |
Tingkat partisipasi warga negara usia 1315 tahun yang berpartisipasi dalam pendidikan menengah pertama |
96.90 |
|
|
|
1.a.4 |
Tingkat partisipasi warga negara usia 7-18 tahun yang belum menyelesaikan pendidikan dasar dan menengah yang berpartisipasi dalam pendidikan kesetaraan |
80.00 |
|
2 |
KESEHATAN |
1.b.1 |
Rasio Daya Tampung Rumah Sakit Rujukan |
0.15 |
|
|
|
1.b.10 |
Persentase penderita hipertensi yang mendapatkan pelayanan kesehatan sesuai standar |
97.62 |
|
|
|
1.b.11 |
Persentase penderita DM yang mendapatkan pelayanan kesehatan sesuai standar |
83.16 |
|
|
|
1.b.12 |
Persentase ODGJ berat yang mendapatkan pelayanan kesehatan jiwa sesuai standar |
100.00 |
|
|
|
1.b.13 |
Persentase orang terduga TBC mendapatkan pelayanan TBC sesuai standar |
100.00 |
|
|
|
1.b.14 |
Persentase orang dengan resiko terinfeksi HIV mendapatkan pelayanan deteksi dini HIV sesuai standar |
100.00 |
|
|
|
1.b.2 |
Persentase RS Rujukan Tingkat kabupaten yang terakreditasi |
100.00 |
|
|
|
1.b.3 |
Persentase ibu hamil mendapatkan pelayanan kesehatan ibu hamil |
100.00 |
|
|
|
1.b.4 |
Persentase ibu bersalin mendapatkan pelayanan persalinan |
100.00 |
|
|
|
1.b.5 |
Persentase bayi baru lahir mendapatkan pelayanan kesehatan bayi baru lahir |
100.00 |
|
NO |
URUSAN PEMERINTAHAN |
NO |
IKK HASIL / OUTCOME |
CAPAIAN KINERJA |
KETERANGAN |
|
|
1.b.6 |
Cakupan pelayanan kesehatan balita sesuai standar |
99.10 |
|
|
|
1.b.7 |
Persentase anak usia pendidikan dasar yang mendapatkan pelayanan kesehatan sesuai standar |
100.00 |
|
|
|
1.b.8 |
Persentase orang usia 15-59 tahun mendapatkan skrining kesehatan sesuai standar |
87.90 |
|
|
|
1.b.9 |
Persentase warga negara usia 60 tahun ke atas mendapatkan skrining kesehatan sesuai standar |
100.00 |
|
3 |
PEKERJAAN UMUM |
1.c.1 |
Rasio luas kawasan pemukiman rawan banjir yang terlindungi oleh infrastruktur pengendalian banjir di WS Kewenangan kabupaten |
#DIV/0! |
tidak dapat di sajikan dengan alasan untuk penanganan infrastrutur wilayah sungai (WS) Menjadi kewenangan Propinsi |
|
|
1.c.2 |
Rasio luas kawasan permukiman sepanjang pantai rawan abrasi, erosi, dan akresi yang terlindungi oleh infrastruktur pengaman pantai di WS Kewenangan kabupaten |
#DIV/0! |
tidak dapat di sajikan dengan alasan untuk penanganan infrastrutur pantai dan penanganan infrastruktur wilayah sungai (WS) Menjadi kewenangan Propinsi |
|
|
1.c.3 |
Rasio luas daerah irigasi kewenangan kabupaten yang dilayani oleh jaringan irigasi |
8.19 |
|
|
|
1.c.4 |
Persentase jumlah rumah tangga yang mendapatkan akses terhadap air minum melalui SPAM jaringan perpipaan dan bukan jaringan perpipaan terlindungi terhadap rumah tangga di seluruh kabupaten |
74.92 |
|
|
|
1.c.5 |
Persentase jumlah rumah tangga yang memperoleh layanan pengolahan air limbah domestik |
2.94 |
|
|
|
1.c.6 |
Rasio kepatuhan IMB kab/ kota |
100.00 |
|
|
|
1.c.7 |
Tingkat Kemantapan Jalan kabupaten |
55.40 |
|
|
|
1.c.8.1 |
Rasio tenaga operator/teknisi/analisis yang memiliki sertifikat kompetensi |
- |
untuk jumlah tenaga konstrusi yang terlatih di wilayah kabupaten yang di buktikan dengan sertifikat pelatihan oprator dan teknis analis |
NO |
URUSAN PEMERINTAHAN |
NO |
IKK HASIL / OUTCOME |
CAPAIAN KINERJA |
KETERANGAN |
|
|
|
|
|
tidak dapat kami sajikan dikarenakan tenaga kerja konstruksi belum menyampaikan bukti sertifikat pelatihan |
|
|
1.c.8.2 |
Rasio proyek yang menjadi kewenangan pengawasannya tanpa kecelakaan konstruksi |
100.00 |
|
4 |
PERUMAHAN RAKYAT |
1.d.1 |
Penyediaan dan rehabilitasi rumah layak huni bagi korban bencana kabupaten |
100.00 |
|
|
|
1.d.2 |
Fasilitasi penyediaan rumah layak huni bagi masyarakat terdampak relokasi program pemerintah kabupaten |
100.00 |
|
|
|
1.d.3 |
Persentase kawasan permukiman kumuh dibawah 10 ha di kab/ kota yang ditangani |
21.57 |
|
|
|
1.d.4 |
Berkurangnya jumlah unit RTLH (Rumah Tidak Layak Huni) |
23.62 |
|
|
|
1.d.5 |
Jumlah perumahan yang sudah dilengkapi PSU (Prasarana, Sarana dan Utilitas Umum) |
0.23 |
|
5 |
TRANTIB DAN LINMAS |
1.e.1 |
Persentase Gangguan Trantibum yang dapat diselesaikan |
100.00 |
|
|
|
1.e.2 |
Persentase Perda dan Perkada yang ditegakkan |
100.00 |
|
|
|
1.e.3 |
Jumlah warga negara yang memperoleh layanan informasi rawan bencana |
126.00 |
|
|
|
1.e.4 |
Jumlah warga negara yang memperoleh layanan pencegahan dan kesiapsiagaan terhadap bencana |
4.45 |
|
|
|
1.e.5 |
Jumlah warga negara yang memperoleh layanan penyelamatan dan evakuasi korban bencana |
|
|
|
|
1.e.6 |
Persentase pelayanan penyelamatan dan evakuasi korban kebakaran |
100.00 |
|
|
|
1.e.7 |
Waktu tanggap (response time) penanganan kebakaran |
|
|
6 |
SOSIAL |
1.f.1 |
Persentase penyandang disabilitas terlantar, anak terlantar, lanjut usia terlantar dan gelandangan pengemis yang terpenuhi kebutuhan dasarnya di luar panti (indikator SPM) |
68.20 |
|
|
|
1.f.2 |
Persentase korban bencana alam dan sosial yang terpenuhi kebutuhan dasarnya pada saat dan setelah tanggap darurat bencana daerah kabupaten |
100.00 |
|
7 |
TENAGA KERJA |
2.a.1 |
Persentase kegiatan yang dilaksanakan yang mengacu ke rencana tenaga kerja |
#DIV/0! |
Belum ada Rencana Tenaga Kerja daerah |
|
|
2.a.2 |
Persentase Tenaga Kerja Bersertifikat Kompetensi |
100.00 |
|
|
|
2.a.3 |
Tingkat Produktivitas Tenaga Kerja |
387.11 |
|
NO |
URUSAN PEMERINTAHAN |
NO |
IKK HASIL / OUTCOME |
CAPAIAN KINERJA |
KETERANGAN |
|
|
2.a.4 |
Persentase Perusahaan yang menerapkan tata kelola kerja yang layak (PP/PKB, LKS Bipartit, Struktur Skala Upah, dan terdaftar peserta BPJS Ketenagakerjaan) |
40.00 |
|
|
|
2.a.5 |
Persentase Tenaga Kerja Yang Ditempatkan (Dalam Dan Luar Negeri) Melalui Mekanisme Layanan Antar Kerja Dalam Wilayah kabupaten |
22.75 |
|
8 |
PEMBERDAYAA N PEREMPUAN DAN PERLINDUNGAN ANAK |
2.g.1 |
Persentase ARG pada belanja langsung APBD |
0.74 |
|
|
|
2.g.2 |
Persentase anak korban kekerasan yang ditangani instansi terkait kabupaten |
0.06 |
|
|
|
2.g.3 |
Rasio kekerasan terhadap perempuan, termasuk TPPO (per 100.000 penduduk perempuan)
|
0.01 |
|
9 |
PANGAN |
2.h.1 |
Persentase ketersediaan pangan (Tersedianya cadangan beras/ jagung sesuai kebutuhan) |
100.00 |
|
10 |
PERTANAHAN |
2.i.1 |
Persentase pemanfaatan tanah yang sesuai dengan peruntukkan tanahnya diatas izin lokasi dibandingkan dengan luas izin lokasi yang diterbitkan |
#VALUE! |
Tidak dapat disajikan dengan alasan tidak ada data |
|
|
2.i.2 |
Persentase Penetapan Tanah Untuk Pembangunan Fasilitas Umum |
#DIV/0! |
tidak dapat kami sajikan dengan alasan tidak tersedianya data petepan tanah untuk pembangunan fasilitas umum |
|
|
2.i.3 |
Tersedianya Lokasi Pembangunan Dalam Rangka Penanaman Modal |
#VALUE! |
tidak tersediah karena tidak ada |
|
|
2.i.4 |
Tersedianya Tanah Obyek Landreform (TOL) yang siap diredistribusikan yang berasal dari Tanah Kelebihan Maksimum dan Tanah Absentee |
#DIV/0! |
tidak dapat kami sajikan dengan alasan tanah objek landrefrom yang di redistribusikan pada tahun 2022 berasal pada tahun 2022 bersala dari pelepasan kawasan hutan, bekas hak guna usaha dan tanah negara lainnya dengan total 754 bidang tanah |
|
|
2.i.5 |
Tersedianya tanah untuk masyarakat |
#DIV/0! |
tidak dapat di sajiakan dengan |
NO |
URUSAN PEMERINTAHAN |
NO |
IKK HASIL / OUTCOME |
CAPAIAN KINERJA |
KETERANGAN |
|
|
|
|
|
alasan tidak ada layanan pertanahan yang memiliki output dokumen izin membuat tanah |
|
|
2.i.6 |
Penanganan sengketa tanah garapan yang dilakukan melalui mediasi |
#DIV/0! |
tidak dapat di sajikan dengan alasan tidak ada pengaduan tentang sengketa tanah garapan yang di lakukan melalui mediasi |
11 |
LINGKUNGAN HIDUP |
2.j.1 |
Indeks Kualitas Lingkungan Hidup (IKLH) kabupaten |
68.86 |
|
|
|
2.j.2 |
Terlaksananya Pengelolaan Sampah di Wilayah kabupaten |
32.23 |
|
|
|
2.j.3 |
Ketaatan penanggung jawab usaha dan/atau kegiatan terhadap izin lingkungan, izin PPLH dan PUU LH yang diterbitkan oleh Pemerintah Daerah kabupaten |
- |
|
12 |
ADMINISTRASI KEPENDUDUKA N DAN PENCATATAN SIPIL |
2.k.1.1 |
Perekaman KTP Elektronik |
79.24 |
|
|
|
2.k.1.2 |
Persentase anak usia 0-17 tahun kurang 1 (satu) hari yang memiliki KIA |
33.86 |
|
|
|
2.k.1.3 |
Kepemilikan akta kelahiran |
87.13 |
|
|
|
2.k.1.4 |
Jumlah OPD yang telah memanfaatkan data kependudukan berdasarkan perjanjian kerja sama |
15.15 |
|
13 |
PEMBERDAYAA N MASYARAKAT DAN DESA |
2.l.1 |
Persentase Pengentasan Desa Tertinggal |
#DIV/0! |
Tidak dapat disajikan dengan alasan sesuai dengan indeks desa membangun tahun 2023 untuk kabupaten Minahasa Selatan sudah tidak terdapat lagi desa tertinggal |
|
|
2.l.2 |
Persentase Peningkatan Status Desa Mandiri |
64.96 |
|
14 |
PENGENDALIAN PENDUDUK DAN KELUARGA BERENCANA |
2.m.1 |
TFR (Angka Kelahiran Total) |
xee |
tidak dapat di sajikan dengan alasan brlum tersedianya data kelahiran penduduk perkelompok |
NO |
URUSAN PEMERINTAHAN |
NO |
IKK HASIL / OUTCOME |
CAPAIAN KINERJA |
KETERANGAN |
|
|
|
|
|
umur, belum adanya data kependudukan dari instansi terkait serta perhitungan TFR di dasarkan pada data kelahiran tiap 5 tahun sekali |
|
|
2.m.2 |
Persentase pemakaian kontrasepsi Modern (Modern Contraceptive Prevalence Rate/mCPR) |
42.16 |
|
|
|
2.m.3 |
Persentase kebutuhan ber-KB yang tidak terpenuhi (unmet need) |
15.25 |
|
15 |
PERHUBUNGAN |
2.n.1 |
Rasio konektivitas kabupaten |
51.60 |
|
|
|
2.n.2 |
V/C Ratio di Jalan kabupaten |
|
|
16 |
KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA |
2.o.1 |
Persentase Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang terhubung dengan akses internet yang disediakan oleh Dinas Kominfo |
57.58 |
|
|
|
2.o.2 |
Persentase Layanan Publik yang diselenggarakan secara online dan terintegrasi |
100.00 |
|
|
|
2.o.3 |
Persentase Masyarakat Yang Menjadi Sasaran Penyebaran Informasi Publik, Mengetahui Kebijakan Dan Program Prioritas Pemerintah Dan Pemerintah Daerah kabupaten |
77.72 |
|
17 |
URUSAN KOPERASI, USAHA KECIL DAN MENENGAH |
2.p.1 |
Meningkatnya Koperasi yang berkualitas |
100.00 |
|
|
|
2.p.2 |
Meningkatnya Usaha Mikro yang menjadi wirausaha |
0.09 |
|
18 |
PENANAMAN MODAL |
2.q.1 |
Persentase peningkatan investasi di kabupaten |
185.74 |
|
19 |
KEPEMUDAAN DAN OLAHRAGA |
2.r.1 |
Tingkat partisipasi pemuda dalam kegiatan ekonomi mandiri |
4.30 |
|
|
|
2.r.2 |
Tingkat partisipasi pemuda dalam organisasi kepemudaan dan organisasi sosial kemasyarakatan |
12.09 |
|
|
|
2.r.3 |
Peningkatan Prestasi Olahraga |
|
|
20 |
STATISTIK |
2.s.1 |
Persentase Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang menggunakan data statistik dalam menyusun perencanaan pembangunan daerah |
100.00 |
|
|
|
2.s.2 |
Persentase OPD yang menggunakan data statistik dalam melakukan evaluasi pembangunan daerah |
100.00 |
|
21 |
PERSANDIAN |
2.t.1 |
Tingkat keamanan informasi pemerintah |
#DIV/0! |
Tidak dapat kami sajikan dengan alasan tidak ada kegiatan strategis melalui |
NO |
URUSAN PEMERINTAHAN |
NO |
IKK HASIL / OUTCOME |
CAPAIAN KINERJA |
KETERANGAN |
|
|
|
|
|
pengamanan sinyal pada tahun 2022 pada bidang persandian karena tidak ada program kegiatan dan kurangnya SDM. |
22 |
KEBUDAYAAN |
2.u.1 |
Terlestarikannya Cagar Budaya |
|
|
23 |
PERPUSTAKAAN |
2.v.1 |
Nilai tingkat kegemaran membaca masyarakat |
|
|
|
|
2.v.2 |
Indeks Pembangunan Literasi Masyarakat |
|
tidak ada karena tidak memiliki anggaran untuk kegiatan tersebut |
24 |
KEARSIPAN |
2.w.1 |
Tingkat ketersediaan arsip sebagai bahan akuntabilitas kinerja, alat bukti yang sah dan pertanggungjawaban nasional) Pasal 40 dan Pasal 59 Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2009 tentang Kearsipan |
16.25 |
|
|
|
2.w.2 |
Tingkat keberadaan dan keutuhan arsip sebagai bahan pertanggungjawaban setiap aspek kehidupan berbangsa dan bernegara untuk kepetingan negara, pemerintahan, pelayanan publik dan kesejahteraan rakyat |
35.67 |
|
25 |
KELAUTAN DAN PERIKANAN |
3.a.1 |
Jumlah Total Produksi Perikanan (Tangkap dan Budidaya) kabupaten (sumber data: one data KKP) |
81.39 |
|
26 |
PARIWISATA |
3.b.1 |
Persentase pertumbuhan jumlah wisatawan mancanegara per kebangsaan |
#DIV/0! |
|
|
|
3.b.2 |
Persentase peningkatan perjalanan wisatawan nusantara yang datang ke kabupaten |
15.70 |
|
|
|
3.b.3 |
Tingkat Hunian Akomodasi |
6,353.85 |
|
|
|
3.b.4 |
Kontribusi sektor pariwisata terhadap PDRB harga berlaku |
0.35 |
|
|
|
3.b.5 |
Kontribusi sektor pariwisata terhadap PAD |
3.24 |
|
27 |
PERTANIAN |
3.c.1 |
Produktivitas pertanian per hektar per tahun |
19.74 |
|
|
|
3.c.2 |
Persentase Penurunan Kejadian dan Jumlah Kasus Penyakit Hewan Menular |
397.22 |
|
29 |
ENERGI DAN SUMBER DAYA MINERAL |
3.e.1 |
Persentase perusahaan pemanfaatan panas bumi yang memiliki ijin di kabupaten |
#DIV/0! |
Dengan ini menyatakan bahwa Penerbitan Izin pemanfaatan langsung panas bumi dalam |
NO |
URUSAN PEMERINTAHAN |
NO |
IKK HASIL / OUTCOME |
CAPAIAN KINERJA |
KETERANGAN |
|
|
|
|
|
daerah kabupaten di kabupaten Minahasa Selatan Tahun 2022 adalah sebanyak 0. |
30 |
PERDAGANGAN |
3.f.1 |
Persentase pelaku usaha yang memperoleh izin sesuai dengan ketentuan (IUPP/SIUP Pusat Perbelanjaan dan IUTM/IUTS/SIUP Toko Swalayan) |
100.00 |
|
|
|
3.f.2 |
Persentase kinerja realisasi pupuk |
7.47 |
|
|
|
3.f.3 |
Persentase alat-alat ukur, takar, timbang dan perlengkapannya (UTTP) bertanda tera sah yang berlaku |
2.51 |
|
31 |
PERINDUSTRIAN |
3.g.1 |
Pertambahan jumlah industri kecil dan menengah di kabupaten |
98.5185185 2 |
|
|
|
3.g.2 |
Persentase pencapaian sasaran pembangunan industri termasuk turunan indikator pembangunan industri dalam RIPIN yang ditetapkan dalam RPIK |
|
Tidak dapat kami sajikan dengan alasan Provinsi Sulawesi Utara belum ada penetapan RPIP (Rencana Pembangunan Industri Provinsi) dan Kabupaten Minahasa Selatan saat ini belum ada penetapan RPIK (Rencana Pembangunan Industri Kabupaten) berdasarkan indikator pembangunan industri dalam RIPIN. |
|
|
3.g.3 |
Persentase jumlah hasil pemantauan dan pengawasan dengan jumlah Izin Usaha Industri (IUI) Kecil dan Industri Menengah yang dikeluarkan oleh instansi terkait |
19.53 |
|
|
|
3.g.4 |
Persentase jumlah hasil pemantauan dan pengawasan dengan jumlah Izin Perluasan Industri (IPUI) Kecil dan Industri Menengah yang dikeluarkan oleh instansi terkait |
#DIV/0! |
Tidak dapat kami sajikan dengan alasan Jumlah izin yang dipantau dan dianalisis dalam laporan hasil pemantauan dan Jumlah izin yang dikeluarkan di Kabupaten |
NO |
URUSAN PEMERINTAHAN |
NO |
IKK HASIL / OUTCOME |
CAPAIAN KINERJA |
KETERANGAN |
|
|
|
|
|
Minahasa Selatan tahun 2023 = 0 karena pendaftaran pengurusan izin perluasan industri (IPUI) kecil dan Industri Menengah saat ini oleh pelaku usaha dilakukan melalui Online Single Submission (OSS) yaitu sistem perizinan berusaha terintegrasi secara elektronik. |
|
|
3.g.5 |
Persentase jumlah hasil pemantauan dan pengawasan dengan jumlah Izin Usaha Kawasan Industri (IUKI) dan Izin Perluasan Kawasan Industri (IPKI) yang lokasinya di Daerah kabupaten |
#DIV/0! |
Tidak dapat kami sajikan dengan alasan jumlah izin perluasan industri (IPUI) bagi industri Kecil dan menengah yang diterbitkan di Kabupaten Minahasa Selatan tahun 2023 = 0 karena pendaftaran pengurusan izin perluasan industri (IPUI) bagi industri Kecil dan menengah saat ini oleh pelaku usaha dilakukan melalui Online Single Submission (OSS) yaitu sistem perizinan berusaha terintegrasi secara elektronik. |
|
|
3.g.6 |
Tersedianya informasi industri secara lengkap dan terkini |
|
Tidak dapat kami sajikan dengan alasan Dinas Perdagangan |
NO |
URUSAN PEMERINTAHAN |
NO |
IKK HASIL / OUTCOME |
CAPAIAN KINERJA |
KETERANGAN |
|
|
|
|
|
tidak memiliki data tersedianya informasi industri secara lengkap dan terkini di Kabupaten Minahasa Selatan. |
C. Hasil EPPD tahun 2022 atas Laporan LPPD Tahun 2021 sesuai dengan Keputusan Menteri
D. Dalam Negeri Nomor 100.2.1.3-1109 Tahun 2023 tentang Hasil Evaluasi Penyelenggaraan
Pemerintahan Daerah Secara Nasional Tahun 2022 Berdasarkan Laporan Penyelenggaraan
Pemerintahan Daerah Provinsi Dan Kabupaten/Kota Tahun 2021 mendapat nilai 2,46 dengan
status Rendah.
Kemudian untuk Opini atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah tahun 2022 mendapatkan
nilai WTP (Wajar Tanpa Pengecelualian)
E. RINGKASAN REALISASI PENERIMAAN DAN PENGELUARAN ANGGARAN DAERAH
PENDAPATAN
NO |
URAIAN |
ANGGARAN |
REALISASI |
BERTAMBAH/ BERKURANG |
% |
1 |
PENDAPATAN |
1.015.342.877.869,00 |
937.983.714.525,56 |
77.359.163.343 |
92,38% |
|
PENDAPATAN ASLI DAERAH |
38.665.554.506,00 |
22.867.383.937,56 |
15.798.170.568 |
59,14% |
Pendapatan Pajak Daerah |
21.778.943.348,00 |
12.896.289.107,50 |
8.882.654.241 |
59,21% |
|
Hasil Retribusi Daerah |
5.722.525.930,00 |
4.819.713.972,00 |
902.811.958 |
84,22% |
|
Hasil Pengelolaan Kekayaan Daerah yang Dipisahkan |
1.551.851.596,00 |
1.351.851.596,00 |
200.000.000 |
87,11% |
|
Lain-lain Pendapatan Asli Daerah yang Sah |
9.612.233.632,00 |
3.799.529.262,06 |
5.812.704.370 |
39,53% |
|
2 |
DANA PERIMBANGAN |
743.714.454.280,00 |
697.866.040.056,00 |
45.848.414.224 |
93,84% |
|
Dana Bagi hasil |
19.491.415.748,00 |
16.507.939.911,00 |
2.983.475.837 |
84,69% |
Dana Alokasi Umum |
520.301.357.000,00 |
524.240.004.316,00 |
-3.938.647.316 |
100,76% |
|
Dana Alokasi Khusus(fisik) |
73.812.302.532,00 |
71.602.745.422,00 |
2.209.557.110 |
97,01% |
|
Dana Alokasi Khusus(NonFisik) |
130.109.379.000,00 |
85.515.350.407,00 |
44.594.028.593 |
65,73% |
|
3 |
LAIN-LAIN PENDAPATAN ASLI DAERAH YANG SAH |
31.168.867.528,00 |
27.427.221.274,00 |
3.741.646.254 |
88,00% |
|
Pendapatan Hibah |
20.859.638.000,00 |
18.517.439.072,00 |
2.342.198.928 |
88,77% |
Lain-lain Pendapatan Sesuai dengan Ketentuan Peraturan Perundang-Undangan |
10.309.229.528,00 |
8.909.782.202,00 |
1.399.447.326 |
86,43% |
PENGELUARAN
NO |
URAIAN |
ANGGARAN |
REALISASI |
BERTAMBAH BERKURANG |
% |
1 |
BELANJA |
1.028.458.786.349,00 |
934.378.037.654,86 |
94.080.748.694,14 |
90,85% |
|
BELANJA OPRERASI |
708.606.939.146,00 |
632.520.704.005,86 |
76.086.235.140,14 |
89,26% |
Belanja Pegawai |
406.221.080.634,00 |
380.423.482.293,00 |
25.797.598.341,00 |
93,65% |
|
Belanja Barang dan Jasa |
278.180.983.888,00 |
242.999.697.088,86 |
35.181.286.799,14 |
87,35% |
|
Belanja Hibah |
22.204.874.624,00 |
7.097.524.624,00 |
15.107.350.000,00 |
31,96% |
|
Belanja Bantuan Sosial |
2.000.000.000,00 |
2.000.000.000,00 |
0,00 |
100,00% |
|
2 |
BELANJA MODAL |
114.931.198.592,00 |
98.376.691.797,00 |
16.554.506.795,00 |
85,60% |
|
Belanja Modal Tanah |
390.000.000,00 |
253.044.000,00 |
136.956.000,00 |
64,88% |
Belanja Modal Peralatan Mesin |
28.586.614.872,00 |
23.247.987.774,00 |
5.338.627.098,00 |
81,32% |
|
Belanja Modal Gedung dan Bangunan |
51.906.694.864,00 |
48.171.959.584,00 |
3.734.735.280,00 |
92,80% |
|
Belanja Modal Jalan, Jaringan, dan Irigasi |
32.193.567.728,00 |
26.019.738.648,00 |
6.173.829.080,00 |
80,82% |
|
Belanja Modal Aset Tetap Lainnya |
1.854.321.128,00 |
683.961.791,00 |
1.170.359.337,00 |
36,88% |
|
3 |
PEMBIAYAAN DAERAH |
|
|
|
|
|
PENERIMAAN PEMBIAYAAN DAERAH |
10.182.454.910,00 |
15.428.408.480,00 |
-5.245.953.570,00 |
151,52% |
|
Sisa Lebih Perhitungan Anggaran Tahun Anggaran Sebelumnya |
10.182.454.910,00 |
15.428.408.480,00 |
-5.245.953.570,00 |
151,52% |
4 |
PENGELUARAN PEMBIAYAAN |
4.812.500.000,00 |
2.312.500.000,00 |
2.500.000.000,00 |
48,05% |
|
Penyertaan Modal Daerah |
2.500.000.000,00 |
0 |
2.500.000.000,00 |
0,00% |
Pemberian Pinjaman Daerah |
2.312.500.000,00 |
2.312.500.000,00 |
0,00 |
100,00% |
|
5 |
PEMBIAYAAN NETTO |
5.369.954.910,00 |
13.115.908.480,00 |
-7.745.953.570,00 |
244,25% |
F. INOVASI DAERAH
NO. |
INOVASI |
CAPAIAN KEBERHASILAN |
PENGHARGAAN YANG DITERIMA |
DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN |
|||
1. |
Pembentukan Bunda PAUD di tiap desa di Kabupaten Minahasa Selatan |
Terbentuknya PAUD di tiap Desa dan dilakukan kegiatankegiatan Inovasi lainnya |
Penghargaan Bunda PAUD Inspirasi kepada Bunda PAUD Minahasa Selatan Ibu Elsje Rosje Sumual oleh Kemdikbudristek |
2. |
Perpustakaan Digital |
Sekolah-sekolah melaksanakan Perpustakaan Digital |
Penghargaan Kabupaten Pelaksana Perpustakaan Digital oleh Kemdikbudristek RI |
NO. |
INOVASI |
CAPAIAN KEBERHASILAN |
PENGHARGAAN YANG DITERIMA |
3. |
Pembentukan TIM Transformasi Pendidikan |
Terbentuk TIM Reformasi Pendidikan lewat SK Bupati Minahasa Selatan |
Penghargaan Kabupaten Pertama di Indonesia yang melaksanakan Transformasi Pendidikan oleh Kemdikbudristek RI |
4. |
Bimtek Operator dalam percepatan aktifasi akun belajar.id |
Teraktifasi akun guru dan akus siswa dalam Platform Merdeka Belajar |
Penghargaan Peringkat 12 Kabupaten/kota Se Indonesia dalam aktifasi akun guru dan siswa |
DINAS KESEHATAN |
|||
1. |
TEMUSOBAT (Temukan Periksa Obati) Malaria Kegiatan: • Surevei Migrasi Pemeriksaan Laboratorium • Pengobatan yang tepat • Evaluasi Pengobatan • Penyelidikan Kasus |
Eliminasi Malaria di Kab. Minahasa Selatan Tahun 2022 Penyakit malaria menurun terkendali dalam indikator : 1. Tidak ada penularan setempat 2. API = Kasus < 1 per 100.000 penduduk 3. SPR = Pemeriksanaan laboratorium < 5 per suspek diperiksa |
Sertifikat Eliminasi Malaria Kab. Minahasa Selatan oleh Menteri Kesehatan RI |
2. |
Ikut serta dalam penilaian Kabupaten Sehat dengan penilaian program dilihat dari capaian selama 2 tahun terakhir |
Capaian program lintas sektor lebih baik dari 3 tahun sebelumnya |
Penghargaan Swastisaba Padapa Kabubaten Sehat
|
DINAS PEKERJAAN UMUM DAN TATA RUANG |
|||
1. |
Kepatuhan Pemenuhan Kewajiban Pelaporan SPT |
Bendahara Instansi Pemerintah terbaik kedua |
sertifikat nomor: 6/ser/kp.1607/2023 tanggal 27 januari 2023 |
BADAN PENANGGULANGAN BENCANA DAERAH |
|||
1. |
Layanan PUSDALOPS |
1. Update data cuaca setiap saat. 2. Tersedianya informasi sebelum terjadinya/peringatan dini tsunami dan jalur evakuasi. 3. Informasi bencana alam. |
|
SATPOL PP |
|||
1 |
Pembuatan Aplikasi SIAGA KANAN Satlinmas |
Dengan adanya APLIKASI SIAGA KANAN Satlinmas Masalah Penegakan Peraturan daerah dan Penegakan Kententraman dan ketertiban umum didesa/kelurahan segera cepat diselesaikan
|
Tidak Ada |
NO. |
INOVASI |
CAPAIAN KEBERHASILAN |
PENGHARGAAN YANG DITERIMA |
DINAS SOSIAL |
|||
1 |
SETARA (Segera Tanggap Respon dan Aduan) |
Terpenuhinya Pelayanan Respon dan Aduan |
Mendapatkan nilai terbaik dari OMBUDSMAN |
DINAS TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASI |
|||
1 |
Pembinaan kepada Perusahaanperusahaan |
Terlaksananya k3 dengan baik pada perusahaan besar, perusahaan menengah dan perusahaan kecil |
· Piagam Penghargaan k3 (Kesehatan dan Keselamatan Kerja) kepada Bupati Minahasa Selatan sebagai Pembina |
PPPA |
|||
1 |
Kabupaten Minahasa Selatan sebagai Kabupaten/Kota Layak Anak |
100% |
Predikat Pratama Kabupaten/Kota Layak Anak |
DINAS KETAHANAN PANGAN |
|||
1 |
Gelar Pangan Murah |
Meningkatkan kesejahteraan masyarakat |
|
DINAS KEPENDUDUKAN DAN CATATAN SIPIL |
|||
1 |
JEMP0L HEBAT |
- Terwujudnya pelayanan yang cepat tepat dan akurat langsung jemput bola ke desadesa. |
- Juara I Pelayanan Publik Tingkat Kabupaten Minahasa Selatan. |
2 |
5 in 1 |
- Sekali mengurus perkawinan 5 Dokumen diberikan. |
|
PPKB |
|||
1 |
Pelayanan KB Seribu Akseptor |
Terlaksananya pelayanan KB MKJP bagi pasangan usia subur di 17 Kecamatan |
Juara II pelayanan KB MKJP tingkat Provinsi Sulawesi Utara |
2 |
Lomba Kampung Keluarga Berkualitas tingkat Provinsi |
Meningkatnya peran serta dari pemerintah desa, tokoh agama, tokoh masyarakat, kader, kelompok kerja dan mitra kerja untuk pengembangan dan peningkatan Kampung Keluarga Berkualitas |
Desa Tangkuney Juara I dan Desa Wiau Lapi Juara III Tingkat Provinsi Sulawesi Utara |
DINAS PERHUBUNGAN |
|||
1 |
PENYELENGGARAAN PENGUJIAN KENDARAAN BERMOTOR DENGAN E-BLUE (BUKTI LULUS UJI ELEKTRONIK) |
SISTEM LAYANAN APLIKASI YANG TERINTEGRASI DENGAN KEMENTERIAN PERHUBUNGAN RI (https://ift.tt/zNYGqSn), SERTA MENGAKOMODIR PEMBAYARAN NON-TUNAI (KODE BILLING) |
E – BLUE Sudah Terintegrasi dengan Website Resmi Dinas Perhubungan Kabupaten Minahasa Selatan. |
NO. |
INOVASI |
CAPAIAN KEBERHASILAN |
PENGHARGAAN YANG DITERIMA |
2 |
Tersedianya aplikasi data angkutan kendaraan umum dalam bentuk aplikasi web ‘sistem informasi angkutan (sim) ‘ |
Aplikasi sistem informasi angkutan (dishubminsel.my.id) |
- |
3 |
Peningkatan capaian pendapatan asli daerah (pad) di bidang pelayaran dan asdp melalui jasa layanan kepelabuhanan |
Capaian pad sebesar 240 % |
- |
4 |
Tersedianya website resmi dinas perhubungan kabupaten minahasa selatan |
Website resmi dinas perhubungan kabupaten minahasa selatan (https://ift.tt/0RcJ4IC) |
- |
DINAS KOMINFO |
|
||
1 |
Melaksanakan Penerapan Sosialisasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan |
|
|
DINAS KOPERASI DAN UKM |
|
||
1 |
Pelaksanaan bazar Natal umkm |
Mempromosikan produkproduk olahan yang ada di minahasa selatan khususnya pelaku umkm |
Sertifikat/ piagam untuk pelaku umkm |
DPMPTSP |
|
||
1 |
IZIN KELILING |
Melakukan Izin Keliling Di 4 (Empat Kecamatan) : Amurang Barat Tumpaan Tareran Suluun Tareran |
|
BAPELITBANGDA |
|
||
1 |
Kantin Pejuang Lingkungan |
Sebagai Daerah Inovatif |
- |
DINAS PERIKANAN |
|
||
1 |
” KUSUKA Pintar” Pelaku Usaha Kelautan dan Perikanan (Nelayan, Pembudidaya Ikan, Pengolah Hasil Perikanan, Pedagang/Tibo2) yang mampu menggunakan kemajuan teknologi digital berbasis android dengan berbagai |
• Dengan Aplikasi SATU DATA dan PILAR KKP Nelayan dan pembudidaya ikan terdaftar dalam database dan menerima Kartu KUSUKA dari BANK BNI • Melalui Aplikasi LAUT NUSANTARA, nelayan dapat mengetahui posisi serta merencanakan penangkapan ikan. |
Bertambahnya alokasi bantuan pemerintah dikarenakan banyaknya data nelayan dan pembudidaya ikan serta pengolah dan pemasar ikan dalam database KUSUKA. |
NO. |
INOVASI |
CAPAIAN KEBERHASILAN |
PENGHARGAAN YANG DITERIMA |
|
aplikasi sektor perikanan |
|
|
DINAS PERTANIAN |
|||
1 |
Lanjutkan gerakan ”mari jo ba tanam” |
Terlaksananya ”gerakan marijo batanam” di tahun 2022 yang memberikan stimulasi bagi masyarakat minahasa selatan untuk mengoptimalkan lahan yang ada baik lahan pertanian/perkebunan maupun pekarangan rumah atau instansi, sehingga mendorong sektor pertanian menjadi penggerak pemulihan ekonomi, sehingga program ini dilanjutkan pelaksanaannya |
Penghargaan atas keberhasilan pemerintah daerah mengendalikan inflasi |
DINAS PERDAGANGAN |
|||
1 |
Sertifikasi Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) |
35 Sertifikad TKDN untuk ekatalog pengadaan barang dan jasa |
Sertifikad TKDN |
INSPEKTORAT |
|||
1 |
Pengurusan Bebas Temuan Online |
Desa Wiau Lapi Kec. Tareran memperoleh nilai 91,5 Kategori Istimewa dalam Penilaian Program Desa Anti Korupsi Tingkat Nasional Tahun 2023 olek KPK-RI. |
Desa Wiau Lapi masuk dalam Kategori Istimewa dalam Penilaian Program Desa Anti Korupsi Tingkat Nasional Tahun 2023 olek KPK-RI di IKN. |
2 |
Desa Anti Korupsi |
|
|
BKPSDM |
|||
1 |
Penggunaan Aplikasi SIASN dan SSCASN dalam rangka pemanfaatan data Sistem Informasi dan CAT |
1. Terintegrasinya data ASN Pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan. |
BKN Awards 2023 Kategori Penerapan Pemanfaatan Data Sistem Informasi dan CAT |
2. Meningkatnya akurasi data ASN Pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan karena dimutakhirkan secara berkala. |
|||
3. Terlaksananya Seleksi ASN dengan metode CAT |
|||
2 |
Penggunaan Aplikasi e-Formasi, SIM PGP3K dan Renbut Nakes |
1. Tersedianya Dokumen Rencana Kebutuhan Pengadaan ASN. |
BKN Awards 2023 Kategori Perencanaan Kebutuhan dan Mutasi Kepegawaian |
2. Jumlah kebutuhan rencana pengadaan ASN yang diinput pada aplikasi e-Formasi, SIM PG-P3K dan Renbut Nakes sesuai dengan Dokumen Rencana Kebutuhan.
|
NO. |
INOVASI |
CAPAIAN KEBERHASILAN |
PENGHARGAAN YANG DITERIMA |
BADAN KEUANGAN DAN ASET DAERAH |
|||
|
PENGELOLAAN KEUANGAN |
Pencapaian target kinerja tahun anggaran 2022, Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Minahasa Selatan mempunyai 3 program, dimana dari masingmasing program tersebut terdapat beberapa kegiatan yang mengikutinya. Programprogram APBD Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Minahasa Selatan yang dilaksanakan pada tahun 2021 adalah sebagai berikut : 1. Program Penunjang Urusan Pemerintahan Daerah Kabupaten/Kota 2. Program Pengelolaan Keuangan Daerah 3. Program Pengelolaan Barang Milik Daerah Untuk melaksanakan programprogram Badan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Minahasa Selatan mendapat pagu setelah anggaran perubahan sebesar Rp. 246.993.844.357 Dengan Realisasi Anggaran pada akhir tahun 2022 sebesar Rp. 237.205.021.368 atau 96.04% dari pagu anggaran Badan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Minahasa Selatan |
Tahun 2022 mendapat Penghargaan dari Badan Pemeriksa Keuangan: Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) |
BADAN PENDAPATAN DAERAH |
|||
1 |
Pembayaran Online Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBBP2) berdasarkan NOP |
Terbayarnya Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2) sesuai NOP |
Piagam Penghargaan Lunas PBB-P2 |
2 |
Pembayaran Pajak secara Online melalui Aplikasi SIGAP |
Tercapainya Pembayaran Pajak secara Online |
Piagam Penghargaan Taat Pajak |
SEKERETARIAT DAERAH |
|||
1 |
Dalam Penggunaan Katalog Elektronik Lokal |
UKPBJ Kab. Minahasa Selatan mewajibkan semua OPD yang melakukan proses Pengadaan Barang dan Jasa harus melalui proses Katalog Elektronik Lokal |
Tidak ada |
2 |
Konsultasi Hukum Online dan Offline |
60% |
- |
NO. |
INOVASI |
CAPAIAN KEBERHASILAN |
PENGHARGAAN YANG DITERIMA |
1
|
Pemberian Reward and Punishment pada Perangkat Daerah yang memasukkan Laporan EPRA tepat waktu. |
Tingkat kepatuhan memasukkan laporan meningkat. |
|
2 |
Sistem Evaluasi dan Monitoring dibidang perekonomian secara Virtual. |
Terlaksananya evaluasi dan monitoring dibidang perekonomian. |
Prioritas dalam penyusunan dokumen usulan maupun perencanaan untuk tahun anggaran berikutnya. |
5 |
MOU Bagian Sumber Daya Alam dengan PT. Cargill Minahasa Selatan |
Adanya Pengembangan Kebun Benih Kelapa Bido |
|
(Dinas Kominfo Minahasa Selatan)
Demikianlah Artikel Ringkasan Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (RLPPD) Kabupaten Minahasa Selatan Tahun 2023
Anda sekarang membaca artikel Ringkasan Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (RLPPD) Kabupaten Minahasa Selatan Tahun 2023 dengan alamat link https://iniipost.blogspot.com/2024/03/ringkasan-laporan-penyelenggaraan.html